Sudah pada tahu Ride By Wire Belum

xbmw-s1000rr-ride-by-wire-technology

Sudah pada tahukan CBR250Rr Launching hari ini ?Pastinya sudah pada tahu donk . Motor ini juga diinfokan menganut fitur ride by wire . Nah kalau ride by wire sudah pada tahu belum ? Kalau belum , kita cari tahu sama- sama brosis .

Tmcblog sudah pernah membahas secara detail tentang ride by wire disini
. Nah kita cari tahu simpelnya aja brosis , kita terjemahkan dulu ke Bahasa Indonesia . Ride by wire kalau kita terjemahkan ke mbah google artinya dalam bahasa indonesia adalah naik dengan gudang brosis.

ride by ware terjemahan google

Mungkin maksud google  motornya dinaikin sama orang yang punya gudang . Gudang beras , gudang gula ,gudang motor , gudang dibalik batu , guedang goreng juga ada . Tapi rata-rata para biker itu punyanya kalau ga gudang g*aram  ya gudang Sp**ma. wkwkwkwk. . . .Ya udah gpp lah kalau mbah google terjemahinnya naik dengan gudang  yang penting bukan naik dengan istri orang . Wong yang bener itu Ride by Wire bukan ride by ware

throttle-by-wire-schematic-460x174

Oke kembali ke laptop , ride by wire atau bisa disebut juga throttle by wire adalah suatu teknologi yang mengatur  bukaan gas pada sepeda motor . Biasanya fitur ini dibenamkan pada moge-moge yang tenaganya dahsyat . Dengan adanya ride by wire maka moge-moge yang dahsyat , tenaganya bisa tersalur secara halus , sesuai perintah dari ECU . Fitur ini juga meniadakan kabel gas , dan menggantinya fungsinya  dengan signal digital yang kemudian dikirim ke ECU , disini ECU mengolah data dari rider , yang berupa bukaan gas , kemudian ECU mentransfernya ke fungsi pembukaan throttle pada karburator ataupun injektor .

brutale_675_12
SUMBER : TMCBLOG

Bisa dibilang semacam wifi pada komputer , tanpa kabel tapi bisa konek internet . Dan Fungsi ECU nya juga pada ride by wire juga bisa diibaratnya perantara antara rider dan motor . Jadi mau rider bleyer-bleyer , buka gas seenaknya sendiri , sama ECU diterjemahkan menjadi gerakan gas menjadi lebih smooth .

images.jpg

Keuntungan dari teknologi ini adalah , bukaan gas enteng karena tidak menarik kabel gas , yang tentunya bebas dari masalah kabel gas putus . Keuntungan lainnya juga rider yang mengendarai dimudahkan dalam mengkontrol tenaga motor , walaupun rider tersebut karekternya buka tutup gasnya kasar .

Oke jadi sampai sini sudah paham Ride by Wire ?.. Bukan Naik dengan Kawat Lho ya

ride by wire terjemahan google.png

 

 

 

 

Penulis: denipury

Belajar untuk menulis

2 tanggapan untuk “Sudah pada tahu Ride By Wire Belum”

Silakan berkomentar