KTM perkenalkan mesin 2 Tak yang lolos Euro 4

ktm-exc-250

ktm exc 250

Hallo Brosis sekalian , ketatnya aturan emisi gas buang kendaraan euro 4 , membuat motor dengan mesin 2 tak mundur dari dunia permotoran  , pasalnya mesin 2 stroke dengan bahan bakar bensin plus oli sangat sulit untuk lolos aturan emisi euro 4 . Ketat cak euro 4 ,…..

Tapi kabar gembira datang dari pabrikan asal Austria . KTM secara resmi mengumumkan keberhasilannya meracik engine 2 stroke yang mereka klaim lolos standar Euro 4 . Wah kabar gembira untuk kita semua ya , terutama pecinta 2 tak , akhirnya mesin 2 tak masih bisa eksis lagi setidaknya sampai standar EURO 5 belum diberlakukan.

Mesin 2 tak jaman dulu identik dengan suara khasnya dan knalpot ngebulnya , namun dibalik itu semua mesin 2 tak memiliki power yang lebih baik dari mesin 4 tak . Hal itulah yang melekat di hati para pecinta mesin 2 tak . Power besar dan suara khasnya yang tidak bisa terganti oleh mesin 4 tak. Namun karena alasan regulasi yang lebih ketat demi menjaga lingkungan , satu persatu pabrikan mulai berhenti memproduksi motor dengan mesin 2 tak . Beralih ke mesin 4 tak , dan tidak ada pengembangan teknologi pada mesin 2 tak agar bisa lolos standar yang semakin ketat.

140714_ktm_exc_2018_engine

Mesin 2 Tak dengan Teknologi TPI milik KTM

Namun harapan kembali eksisnya mesin 2 tak ke dunia permotoran masih ada , KTM yang rajin memproduksi motor motor bermesin 2 tak , resmi memperkenalkan mesin 2 tak terbaru dengan mengadopsi teknologi Transfer Port Injection (TPI) , teknologi ini mencegah menyemprotnya bensin dan oli sebelum waktu pembakaran , sehingga minim polusi dan lebih hemat bbm.

“Ini merupakan hasil pengembangan luar biasa dari KTM. Kami sudah mengembangkan mesin 2 tak injeksi cukup lama dan goal kami menciptakan motor kompetitif dengan segala kelebihan full injection yang kami kawinkan dengan mantra Ready to Race. Perjalanan panjang serta melelahkan saat pengembangan. Kami sangat termotivasi menemukan teknologi pertama didunia untuk mesin 2 tak. Kami tidak sabar merilis line up terbaru mesin 2 tak untuk EXC 250 dan 300 TPI dibulan Mei 2018…

Selain itu alasan KTM tetap mempertahankan mesin 2 stroke adalah sebagai berikut

  • Tidak terkalahkan soal power to weight ratio serta kapasitas mesin
  • Lebih murah soale biaya dan sparepart
  • Euro 5 tidak akan hadir sampai 2020 yang membuat teknologi TPI setidaknya akan eksis sampai 3 tahun sebelum ditemukan peningkatan teknogi di mesin 2 tak.

Gebrakan baru KTM ini jelas akan membuat mesin 2 tak kembali eksis lewat teknologi TPI (Transfer Port Injection) . Dan tahun depan KTM akan bakal menjadi pabrikan pertama di dunia yang menelurkan engine 2 tak lolos Euro 4 lewat produk Enduro bike EXC 250 dan 300 . Mantap kan masbro ,….

Ohh iya sebelumnya pabrikan honda juga sempat mematenkan mesin 2 tak modernnya dengan 1 katup 2015 lalu , namun sudah tidak ada kabar lagi soal mesin 2 tak modern punya honda . Nah buat yang penasaran dengan sistem kerja TPI 2 Tak Ktm monggo disimak saja video dibawah ini ….

 

 

Iklan

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s