Fungsi Mata Kucing Pada Sepeda Motor Ekspor

fungsi-mata-kucing-di-produk-ekspor-yamaha
Jika kita melihat perbedaan antara motor lokal yang di ekspor dengan yang dijual ditanah air , maka kita akan melihat sedikit perbedaan , selain warna ,biasanya pada motor yang diexport sudah dilengkapi dengan mata kucing (cat eye) , sedangkan pada versi lokal piranti keselamatan ini tidak ada . Lantas apa fungsinya mata kucing pada motor ?

Setiap negara mempunyai regulasi sendiri soal piranti keamanan pada sepeda motor yang akan dijual dinegara tersebut . Salah satunya mata kucing , piranti kecil ini berfungsi untuk merefleksikan cahaya dari arah samping  , sehinga pengendara dari arah samping bisa melihat bahwa didepannya ada motor , hal ini bisa meminimalisir tabrakan dari arah samping.
Negara di Eropa dan Asia pun mempunyai regulasi berbeda soal mata kucing pada sepeda motor , baik penempatan maupun bentuknya, motor yang akan di ekspor ke Jepang mata kucingnya bulat , sedangkan untuk eropa mata kucing berbentuk persegi panjang . Untuk penempatan biasanya di spakbor depan maupun belakang.
n-max-korea
Di Indonesia sendiri mata kucing pada sepeda motor belum diatur oleh undang-undang , makanya motor produksi sekarang absen piranti ini . Tapi jika kita melihat motor motor produksi sebelum tahun 2000an, malah sudal dilengkapi dengan mata kucing , seperti honda grand , rx king , gl-pro , dll .
Saat ini mungkin mata kucing mungkin belum dianggap perlu di motor produksi lokal , yah selain menghemat ongkos produksi bagi pabrikan , juga tiadanya mata kucing membuat tampilan motor menjadi tambah eye catching.
mata-kucing-motor
Iklan

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s