SUZUKI MENUTUP PABRIKNYA DI MALAYSIA

shogun road race

Suzuki akhirnya menutup pabriknya di Negeri Malaysia , kaena  penjualan sepeda motornyanya benar-benar terpuruk di malaysia , yang hanya mampu menjual 8000 unit pertahun . Kasihan sekali

Suzuki terpaksa menutup pabrik di Malaysia karena permintaan pasar terhadap brand ini , semakin menurun drastis di negerinya upin dan ipin . Pada 2015 suzuki hanya mampu menjual 8000 unit , yang merupakan setengah penjualan dari tahun 2013 dan di tahun 2016 akhirnya suzuki menyerah untuk efisiensi biaya  . Di Malaysia sendiri sebelumnya suzuki menjual produk bebek dan matic , tapi sekarang suzuki hanya fokus menjual unit moge CBU dari Jepang untuk malaysia .

fxr.jpg

Yah sayang sekali padahal kualitas motor suzuki lumayan baik dibanding kompetitor . Di Indonesia sendiri juga sudah banyak dealer yang tutup , bahkan beberapa beres suzuki juga menerima servis merek non suzuki agar tetap rame . Memang kalau dilihat-lihat dekade ini untuk produk2 suzuki di tanah air memang kurang menarik , yang jadi andalan cuma FU FI dan address . Padahal suzuki dulu punya produk2 yang bermutu , contoh shogun 110 , thunder 125 , dan skywave , fxr 150 . Skywave menurut saya keren cuma semenjak difacelift jadi hayate malah kurang suka desainnya  . Shogun 110 juga kala itu menjadi idola dan laris , dengan tameng depan sudah segitiga , dan facelift menjadi shogun 110 R tambah laris . Tapi suzuki malah mengupgrade shogun ke 125cc dan yang 110 digantikan smash , jadi kurang laku . Thunder 125 juga kala itu laris sampai 2007an , cuma sampai suntik mati bentuknya gitu2 aja .

Suzuki-Sky-Wave-125.jpg

Yah semoga suzuki motor ditanah air bisa bertahan , bisa berinovasi membuat produk-produk yang mengikuti zaman dan gag sampai tutup . Karena orang Indonesia seleranya tinggi , kalau dibuatin produk yang biasa saja , ya ora payu , kecuali konsumen loyalitas suzuki .

Iklan

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s