Kelas Sport 150 cc, kenapa ga ada versi ABS ?

Anto-Lock-Braking-System-for-bikes-ABS-3.jpg

Dear Kanjeng Pembaca sekalian … Nih gan ane update  lagi live dari benua Pulau Jawa . Welahdalah bahasane kok pating pecotot ra genah , njaluk disawat sandal Bridgestone swallow ki seng nulis 😀 ?? . Ampunn Om.. wkwkwkwk . Pembaca pasti hapal donk gaya bahasa siapa diatas . Saya juga silent reader kok dulunya , walaupun semenjak aktif menulis blog sekarang nyambi jadi tukang jemur  di blog-blog otomotif . Dan saya yakin pembaca sekalian mengunjungi blog ini , pasti sampean  klik jemuran  saya . Terimakasih masbro pembaca sekalian , sudah meramaikan warung ini , semoga blog yang kecil ini , bisa semakin berguna  kedepannya . Aamiin.

Yamaha-NMAX-Terbaru-Motor-Uhuy

Oke disini saya akan membahas kelas gurih 150cc dimana kelas favorit ini belum ada pabrikan yang membekali motornya dengan rem ABS (kecuali matic N-MAX) . Biker dan masyarakat Indonesia semakin kesini semakin sadar akan keselamatan berlalu lintas . Bahkan sudah banyak yang tahu rem ABS , “itu loh rem yang kalau ditarik , kedut-kedut tuasnya , sewaktu saya tanya ke teman saya” . Hmm ,… Rem ABS atau Antilock Braking System adalah Sistem kerja pada rem yang mencegah terkuncinya roda kendaraan  , ketika pengemudi melakukan hard braking . Cara kerja rem ini dimana jika pengendara menekan  tuas rem maka piston pada kaliper rem akan menekan kampas rem secara tekan-lepas , tekan lepas ke disk , dengan input data yang terdapat pada disk brake .

54cae5f6217b0_-_honda-abs

Memang fungsi rem ABS akan lebih terasa berfungsi jika digunakan pada jalan aspal yang basah , atau jalan aspal yang berpasir . Di UNI Eropa sendiri Rem ABS sudah diamanatkan menjadi standar keselamatan untuk sepeda motor yang diproduksi tahun 2016 , di India juga mewajibkan Rem ABS untuk motor 125cc keatas. Kalau tidak salah untuk motor di Indonesia yang pertama kali menggunakan adalah CBR250 . Disini motor kecil dibwah 200cc adalah motor dengan populasi terbanyak di Indonesia . Hmm tapi di Indonesia di bawah 250cc belum ada tuh yang pakai ABS .

screenshot_27.jpg

Saya rasa tidak ada salahnya pabrikan juga membuat versi ABS juga untuk kelas sport 150cc di Indonesia . Kenapa kok 150cc kan 250 ada versi ABS juga ? Menurut saya pengguna 150cc lebih banyak , motor 150cc di Indonesia saat ini termasuk motor yang kencang juga , bahkan sebagian besar motor 150 cc menggunakan teknologi mesin yang maju , DOHC dan SOHC 4klep , walau untuk kelas tertentu masih menggunakan SOHC 2 klep . Selain itu di kelas 150cc disini adalah pilihan motor naik kelas , biasanya konsumen di kelas ini sebelumnya adalah pengendara matic atau bebek . Yah bukannya bermaksud  merendahkan kemampuan braking biker yang baru naik kelas . Tapi jalanan di Indonesia kurang bersahabat , jalan berlubang lah , kucing nyebrang gag tengak tengok lah ,  bis lagi buka jalur lah . Yang pastinya butuh tindakan ngerem mendadak  .

Last semua hanya masukan dari saya saja , sudah pasti kalau dari pabrikan pasti butuh riset dan harga jual yang lebih tinggi jika ada versi ABS , harga bisa saja berbentrokan dengan harga motor kelas lain yang pabrikan buat sendiri . Sedang di sisi konsumen mungkin terkesan nanggung ABS di 150cc , atau ga bisa dimodif kaki-kakinya kata siapa :D. Semoga kedepannya fitur keselamatan ini bisa hadir di motor kecil agar bisa menekan angka kecelakan lalu lintas di Indonesia .

 

 

Iklan

1 Comment

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s