Sekedar Saran untuk Orangtua , Jangan biarkan anak kita mengendarai sepeda motor

20150531151012027

Saya heran belakangan ini banyak orangtua yang terlalu memanjakan anaknya , dengan memberikan anak sepeda motor . Kami tidak sedang menyalahkan , kami juga orangtua , dan kami juga pernah merasakan masa kanak-kanak . Melihat banyaknya anak kecil seusia SD di jalan mengendarai sepeda motor , membuat kami tidak hanya berhati- hati , tapi juga miris . Anak yang bahkan belum sempurna menapakan kakinya saat duduk dijok motor , sudah dibiarkan naik motor dijalan . Bahkan tidak jarang menjumpai mereka berbonceng 3 tanpa helm , hanya berkaos gambar kartun favoritnya , mengendarai dengan kecepatan tinggi . Saya bisa menebak anak itu pasti dalam hatinya ingin mengatakan “Lihat nih Om ane masih kecil udah bisa naik motor , ngebut lagi”.

10325362_864521990243325_821103843584986181_n.jpg

Sebegitukah mudahnya orangtua memberikan kunci , ingatlah ketika sudah di tangan anak , motor bisa saja menjadi mesin pembunuh . Mungkin banyak alasan untuk orangtua memberikan motor untuk anak , tapi kalau boleh saran , apa alangkah lebih baiknya mengantar dan jemput  anak sendiri ke sekolah . Kalau pun tidak ada waktu antarjemput, memberikan anak sepeda listrik bisa menjadi solusi anak untuk kesekolah sendiri dari pada motor , itu kalau ingin anak anda tidak cape dengan sepeda kayuh . Dengan catatan anak mengenakan helm, dan jarak rumah ke sekolah tidak jauh . Saya kira anak SD kelas 4-6 sudah cukup hati-hati kalau membawa sepeda ke sekolah .

Membawa sepeda motor untuk anak itu bahaya , untuk anak itu sendiri dan untuk pengguna jalan lain . Menggunakan sepeda motor bagi anak menimbulkan efek “besar kepala” , anak menjadi merasa hebat , karena orang memandangnya dikira “Wah” , masih kecil dah pintar naik motor , ngebut lagi . Last ..  bagi sekolah dan orang tua yang masih membiarkan anaknya naik motor sendiri , apalagi sekolah , mudah mudahan artikel saya ini bisa menjadi saran untuk anda . Jangan biarkan generasi penerus kita menjadi korban karna kelalaian kita sendiri . Terimakasih

Iklan

2 Comments

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s