Kartel Honda-Yamaha dimata Biker

Honda dan Yamaha  siapa yang ga tau dua pabrikan asal Jepang yang berkuasa di pasar otomotif roda dua Tanah Air . 90% market share  penjualan motor dikuasai dua pabrikan tersebut , 10% sisanya diperebutkan Suzuki , Kawasaki dan TVS . Dengan Honda sebagai market leader dengan rata rata %tase market share 65-70% tiap bulannya . Dan yamaha 20-25% /bulan

Sedang ramai diberitakan bahwa dua pabrikan Honda dan Yamaha disinyalir melakukan kartel harga motor matic 110-125. Dengan bukti kerjasama harga melalui email yang dituduhkan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Menurut penuturan Syarkawi Rauf ketua KPPU , pihaknya terus memantau kedua pabrikan tsb . Dan jika terbukti bersalah dipersidangan, kedua pabrikan tsb akan dikenakan denda maksimal 25milyar . Yups itu maksimal , semua tergantung keputusan pengadilan nantinya . Masih menurut KPPU biaya produksi motor matic 110-125 hanya 7,5 sampai 8,5juta , seharusnya bisa dijual dibawah 12 juta.


Dimata biker tentu berita ini sangat mengejutkan , seperti yang kita tau Honda-Yamaha adalah pabrikan yang selalu bersaing . Harga dan Fitur kedua motor matic ini pun saling pukul . Disaat honda mengeluarkan Esp , yamaha serang dengan bluecore , honda berjaya dengan beat 110 , Yamaha menyainginya dengan mio m3 yang dikawal mio z dengan ban lebar . bahkan masing masing pabrikan tsb punya fansboy yang fanatik . FBH dan FBY .

So. Benar tidaknya keduanya melakukan kartel , hanya bisa di buktikan di persidangan .

Iklan

2 Comments

Silakan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s